Lomba Blog Wisata Sejarah Kota Malang - 4th Bloggerngalam

Total Tayangan Halaman

free counters
desain dan hak cipta oleh purwanti. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Sabtu, 24 Desember 2011

postheadericon Kasuami ,kuliner khas sulawesi tenggara

kasuami
         Pertama liat makanan ini , sekilas mirip  tumpeng yang terbuat dari beras merah yah ( loh,, memangnya ada??). Tapi kamu salah, makanan ini sama sekali bukan nasi tumpeng, dan sama sekali bukan dari beras. Makanan ini bernama kasuami, hmm.... apa sih kasuami itu? Yuk kita cari tau.






Kasuami adalah makanan khas masyarakat sulawesi tenggara dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.Makanan ini terbuat dari parutan ketela atau ubi kayu yang di kukus dan di bentuk segitiga ( seperti tumpeng namun berukuran lebih kecil ). Warnanya ada yang dibuat hitam agak keungu-unguan atau putih kekuning-kuningan, tergantung keinginan ketika membuatnya. Biasanya makanan ini di sajikan bersama ikan  seperti ikan bakar, ikan goreng, atau ikan yang di bumbu kuah  hmmmmm.....jadi laper nih. Karena mayoritas masyarakat sulawesi tenggara dan pulau- pulau di sekitarnya bermata pencaharian sebagai nelayan dan geografis sulawesi yang cocok untuk tempat tumbuh ketela, maka tak heran kalau makanan ini jadi makanan khas di sana. Kasuami dan ikan  adalah pasangan wajib, sudah seperti  suami- istri. Konon dari sinilah nama kasuami muncul. 


Selain ikan, makanan ini juga bisa disuguhkan bersama sayuran, seperti sayur pepaya muda, bunga pepaya, daun pepaya, dan daun singkong. Dari gizinya makanan ini sudah kaya akan karbohidrat dari ketela, protein dari ikan , dan mineral serta vitamin dari sayuran. Ada lagi, yang juga mencirikan kekhasan aroma makanan ini adalah sambal tomat super pedas yang diiris-iris tanpa dihancurkan (diulek) dengan tetesan jeruk nipis. Jeruk nipis ini digunakan untuk menghilangkan  aroma amis ikan laut yang dibakar maupun yang dimasak dengan kuah. Di samping itu, kasuami juga bisa disajikan dengan bahan lain semacam kacang merah sehingga nilai gizinya lebih tinggi dan bervariatif rasanya. Cukup lengkap kan untuk pasokan kebutuhan tubuh sehari – hari.

                Makanan ini banyak dijual di warung- warung tradisional di sulawesi tenggara, malahan sudah ada yang bentuk cepat sajinya loh bisa di bawa untuk oleh- oleh sanak saudara di rumah. Untuk yang mau jalan – jalan ke sulawesi tenggara atau pulau sekitarnya, makanan ini bisa jadi salah satu makanan yang harus di cicipi, atau dibawa sebagai oleh- oleh nih.

sumber:

pencangkul.blogspot.com
wikipedia.com
infosultra.com/index.php?option=com_content&view=article&id=558%3Amakanan-kasuami-kian-populer&catid=39%3Akota-bau-bau&Itemid=62

0 komentar: