Lomba Blog Wisata Sejarah Kota Malang - 4th Bloggerngalam

Total Tayangan Halaman

free counters
desain dan hak cipta oleh purwanti. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Rabu, 17 Agustus 2011

postheadericon unik, pengibaran bendera merah putih

Selalu ada hal yang menarik yang dilakukan untuk mengibarkan bendera merah - putih, mungkin ini sebagai bentuk kecintaan atau kebanggaan terhadap bendera negara Indonesia. Selain Pengibaran duplikat bendera pusaka di istana negara, dan pengibaran bendera di lapangan. Beberapa orang atau komunitas memilih mengibarkan bendera merah- putih dengan cara yang unik, berikut beberapa contohnya, juga petikan berita tentang peristiwa tersebut. 




 1. pengibaran bendera di bawah perairan taman laut bunaken tahun 2009.
 
Upacara bendera perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64 dilakukan berbeda oleh personil TNI Angkatan Laut. upacara bendera dilakukan oleh lebih dari 2000 penyelam di bawah laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Indonesia  menjadi negara pertama yang melakukan pengibaran bendera di bawah air.Upacara bendera di bawah air tersebut dilakukan sama persis dengan upacara yang biasa dilakukan di lapangan upacara. Bahkan lagu kebangsaan Indonesia Raya juga akan dikumandangkan dari bawah air.
Selain upacara bendera di bawah air, rangkaian acara bertajuk "Sail Bunaken 2009" ini antara lain olahraga bahari, kirab kota, dan parade kapal perang internasional yang diikuti oleh 40 negara.http://www.1newspot.com/view/video/19507)
peristiwa ini membuat Indonesia tercatat sebagai pemecah rekor Guiness Book of Record sebagai rekor penyelaman sambil melakukan upacara bendera lengkap dengan perangkat upacara dan pengibaran bendera (the most scuba diving simultaneously nationally) yang diikuti 2486 penyelam.( wow amazing ..), oh ya peristiwa ini juga disiarkan secara langsung oleh sebuah stasiun televisi swasta di Indonesia.

2. Pengibaran bendera terbesar
pengibaran bendera terbesar dan terpanjang

 Upaya pengibaran bendera dengan ukuran raksasa yang digelar di Pasar Tanah Abangpada 17 agustus 2005.Dalam memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun RI ke 60, Pengembang Pasar Tanah Abang berusaha memecahkan rekor mengibarkan bendera merah putih terbesar di Gedung Tanah Abang, Blok A Jakarta. Selain untuk mengukir rekor MURI juga akan dicatat dalam Guinness Book of Record, sekitar 50 bekerjasama dalam usaha pengibaran bendera merah putih yang dibuat selama 89 jam tersebut.walaupun pada awalnya usaha tersebut sempat gagal , namun akhirnya pengibaran bendera berhasil dilakukan pada keesokan harinya yaitu 18 agustus 2005. ( sumber http://www.indosiar.com/fokus/43657/pemecahan-rekor-pengibaran-bendera-terbesar-di-dunia)
 
lain lagi dengan cara memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia di Jayapura, Papua, masyarakat membentangkan bendera raksasa di Kampung Skouw Wutung, yang berbatasan dengan Papua Nugini,Bendera Merah Putih yang dikibarkan berukuran panjang 165 meter dan lebar 47 meter. Bendera itu dipasang pada 33 tiang penyangga yang terbuat dari pohon pinang. Pengibaran bendera melibatkan ratusan warga yang dibantu anggota TNI dan Polri. Sebanyak 33 pohon pinang sebagai simbol jumlah provinsi yang ada di Indonesia.Tak hanya warga sekitar, beberapa warga dari penjuru Kota Jayapura juga ikut berbondong-bondong datang ke perbatasan. Mereka ingin menyaksikan secara dekat prosesi pengibaran bendera Merah Putih yang diklaim terbesar di dunia.
 
Sedangkan di Desa Kalak, Pacitan, Jawa Timur, mahasiswa pecinta alam mengibarkan bendera di lubang raksasa atau luweng ombo sedalam 120 meter--gua paling dalam di Indonesia. Para mahasiswa turun ke dasar dengan membawa bendera berukuran 10 x 15 meter.Upacara unik itu dilakukan para mahasiswa sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan. Apalagi para pejuang sudah mengobarkan jiwa dan raga untuk kemerdekaan.(ULF)(http://berita.liputan6.com/read/291845/bendera-raksasa-berkibar-di-papua)

3. Pengibaran bendera di puncak gunung
 
 beberapa komunitas pecinta alam berusaha mengibarkan semangat kebangsaan mereka di puncak gunung.
- MEDAN - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Kopassus melakukan upacara pengibaran bendera di Puncak Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.Upacara Pengibaran bendera yang berlangsung Jumat (20/5/2011) sekitar Pukul 09.00 WIB ini dihiasi dengan kabut tebal. Meskipun begitu, pengibaran terus berlangsung hingga usai.Pengibaran bendera dan upacara Hari Kebangkitan Nasional bertema Ekspedisi Bukit Barisan Wilayah Sumut Puncak Gunung Sinabung. Diikuti oleh 381 peserta yang terdiri dari berbagai elemen antara lain dari unsur Kodam I Bukit Barisan, Kostrad, Kopassus, kelompok mahasiswa pecinta alam, civitas akademika dan masyarakat.Bendera yang dikibarkan pada dataran setinggi 2.460 Meter di atas permukaan laut ini bukan bendera biasa. Namun bendera berukuran raksasa, 15 Meter x10 Meter. Dengan ketinggian tiang bendera sekitar 18 Meter. Upacara pengibaran dipimpin oleh Mayor Inf Suwondo.Besarnya bendera yang dikibarkan, terlihat hingga ke Berastagi dan Kabanjahe, yang jaraknya kurang lebih 30 Km dari kaki Gunung Sinabung. Pengibaran bendera ini pun merupakan yang pertama kalinya dilakukan di puncak gunung tertinggi di Sumut.

Tahun ini sudah ada beberapa rencana pengibaran bendera secara unik antara lain, upacara pengibaran bendera di dasar laut wakatobi , Sulawesi tenggara yang akan dipimpin oleh  Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro,Lokasi upacara bawah laut tersebut, kata dia, juga akan digunakan untuk acara pernikahan massal bawah laut yang diikuti 30 pasangan pengantin.Para pasangan nikah massal tersebut berasal dari para penyelam Indonesia sebanyak 24 pasangan, sedangkan empat pasangan lainnya dari mancanegera. (ANT)( wah... sambil menyelam kita ijab kabul donk ....)
sumber : antarnews.com
 sementara itu komunitas pwcinta mangrove di semarang , akan melaksanakan upacara bendera di lumpur, 
 tim pendaki Indonesia juga tidak mau kalah, karena mereka akan mengibarkan bendera merah - putih di puncak gunung Elbrus, Rusia. Gunung yang berada dekat perbatasan Georgia yang terletak di bagian selatan di negara itu (Rusia) dengan memiliki ketinggian 5.642 m (18.510 kaki) dan merupakan gunung terbesar di Rusia serta termasuk salah satu gunung tertinggi di Eropa.
gunung elbrus
Dimanapun , dan bagaimanapun cara mengibarkannya, yang terpenting adalah semangat kebangsaan kita yang harus selalu berkibar.

1 komentar:

CANSABALAS KOTA BATU mengatakan...

ehm.,., semua pelaku yang ada di atas adalah sebuah kelompok mahasiswa,anggota TNI dan masyarakat yang berjumlah lebih dari 10 orang dan ukuran bendera hanya 10m x 15m.,.,.
tapi saya punya rekor tersendiri.,. yaitu membentangkan bendera MERAH PUTIH dengan ukuran 25m x 40m,di puncak GUNUNG ARJUNA dan yang membentangkan dan yang membawa bendera tersebut hanya 4 orang anak muda kampung.,.anda semua bisa melihat koleksi foto tim kami di :
salam06021985@yahoo.co.id
bimbimpatimura@yahoo.co.id
notlus86@yahoo.com